Spek F1ZR Complete

Engine
Type............................................. 2-stroke
Bore x Stroke.............................. 52,0 x 52,0 mm
Displacement............................. 110,4 cc
Compression Ratio....................... 7,1 : 1
Clutch............................ Manual, Wet, Multi Plate
Cylinder.............................. One, Horizontal
Transmission Gear ...................... 4 Speed
Gear Operation System.................... N-1-2-3-4
Carburation............................ VM 20 X 1 MIKUNI
Oil Capacity................................. 1,2 lt
Battery............................... GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
Spark-plug........................ BP 7 HS-10/W 22 FP-10
Ignition System......................... CDI

Chassis
Weight-Tank Empty...................... 95 kg
Chassis Type............................. Pipe
Fuel Capacity............................ 4,5 lt
Wheelbase.................................. 1.190 mm
Minimum Ground Clearance................. 135 mm
Seat height..................................... 750 mm

Suspension/Tires
Front Suspension......................... Telescopic
Rear Tyre............................... 2.75-17-4 PR
Front Tyre............................ 2.50-17-4 PR

Performance
Dimension (LxWxH).............. 1.870 x 670 x 1.040 mm
Starter.............................. Kick & Electric
Maximum Power....................... 10,7 PS / 7500 rpm
Maximum Torque.................... 1,10 KGF.M / 6500 rpm

Breaking system
Front Brake.......................... Drilled Disc
Rear Brake........................... Drum

About Knalpot

wah klo mau ganti2 knalpot ga bisa sembarangan bro, baik itu perut dan selencer. kenapa, knalpot adalah bagian terpenting di 2tak. karena ada gas balik yg membantu proses pembakaran.



bisa di liat dari ilustrasi gambar di atas. ada gas balik yg mendorong kembali gas segar yg keluar melewati ruang bakar.

nah gas balik ini berhubungan dengan knalpot, dari segi ukuran sudut setiap lekukan di knalpot. jadi ada yg bilang knalpot penyok bisa mengurangi performa, kenapa..?? karena ukuran dari perut itu sendiri udah berubah, baik volume dan sudut yg terbentuk oleh lekukan [penyok]. tersebut.

nah ketika kita melakukan perhitungan knalpot ada dua, ini rahasia dari tmn yg sering itungan sama knalpot.

knalpot 2 tak terdiri dari 2 jenis itungan :

1. Dengan selencer

itungan dari mulai ujung [lubang out] sampai dengan ujung selencer [yg nongol dikit itu lhooo......]

knalpot ini mempunyai ciri2 ujung saringan menyatu [menyambung] dan langsung ke ruang perut knalpot. misal knalpot ori F1zr. jadi ketika kita mengganti selencer aja, makanya ada pengaruh ke mesin, klo ukuran ke panjangan [di ukur dari ujung out sampai ujung selencer] dari standar awaan] maka nafas jadi panjang,dan acceleration jadi berkurang. dan sebaliknya. klo kependekan maka nafas jadi pendek dan topspeed loyo.

analoginya gas buang jadi cepat keluar, klo cepat keluar maka acceleration mantap, dan bagus buat trek pendek.

ini bisa juga di terapkan ke pada knalpot kolong yg notabane memakai selencer yg langsung menyatu ke perut. jadi dengan mengganti selencer saja bisa berakibat ke tenaga.

2. Tanpa selencer.

itungan ini bisa di liat di perut knalpot ori ninja R ukan RR yg kolong], karena knalpot ini mempunyai sekat dan selencer tidak langsung menyatu ke perut knalpot, tapi di pisahkan oleh sekat yg berfungsi mengurangin suara dan polusi udara [catalisator]. sekat terujung berada di dalam selencernya. jadi klo ninja ganti selencer tapi perutnya masi pke ori, jadi gak ada pengaruhnya, karena itungan knalpotnya hanya sampai perutnya saja.

semoga bermanfaat. klo salah mohon dikoreksi, kali aja gw salah denger dari tukang knalpotnya..