JUMLAH PENGUNJUNG SAAT INI

Selasa, 03 Januari 2012

PENYEARAHAN DIODA


SINGLE PHASE HALF WAVE

Gambar atas menunjukkan rangkaian dasar dari rectifier setengah gelombang. Pada rangkaian ini, rectifier mengalirkan arus hanya saat bagian A dari sumber arus AC (+) sehingga arus mengalir ke resistor. Saat A (-), arus tidak lagi mengalir. Konsekuensinya bentuk gelombang menjadi arus terputus-putus. Type penyearahan seperti ini sudah jarang digunakan pada sepeda motor.

SINGLE PHASE FULL WAVE



Rektifikasi gelombang penuh merupakan jenis retifikasi yang didesain dengan menggunakan setengah gelombang tegangan AC lain. Pada metode ini, empat buah dioda digunakan pada rangkaian seperti pada gambar disamping. Hasil dari rangkaian ini adalah arus yang mengalir dua kali lebih banyak dibandingkan hal wave rectification, rektifikasi konstan dan kecilnya fluktuasi bentuk gelombang. Jika titik A merupakan arus positif + dan titik B negatif, maka arus akan diteruskan ke dioda no 1, kemudian resistor / beban, kemudian ke dioda no 4 dan ke titik B. Jika titik B merupakan arus positif + dan titik A negatif, maka arus akan diteruskan ke dioda no 2, kemudian resistor / beban, kemudian ke dioda no 3 dan ke titik A Penyearahan type ini paling banyak digunakan pada sepeda motor ber kapasitas kecil dan sedang pada saat ini.

THREE PHASE FULL WAVE



Pada metode ini enam buah dioda digunakan pada rangkaian ini . Rangkaian ini juga memungkinkan untuk menghasilkan arus DC yang lebih baik. Coba kita perhatikan gambar di atas : kita perhatikan titik 1 dan titik 2 saja. Jika titik 1 positif dan titik 2 negatif, maka arus akan mengalir dari titik 1 ke 1’, kemudian ke dioda d, lalu ke titik B, resistor R, titik E, dioda c, titik 3’ lalu ke titik 2 Sebaliknaya Jika titik 2 positif dan titik 1 negatif, maka arus akan mengalir dari titik 2 ke 3’, kemudian ke dioda e, lalu ke titik B, resistor R, titik E, dioda a, titik 1’ lalu ke titik 1 Dengan cara yang sama, tegangan AC antara terminal 2 dan 3, dan antara 3 dan 1 akan mengalami rectifikasi gelombang penuh. Type penyearahan seperti ini banyak digunakan pada sepeda motor dengan kapasitas yang lebih besar (125 cc ke atas, seperti Thunder, Tiger, dll)

1 komentar:

  1. klo diodanya pake yg brapa amper ? trus lambang (R) itu apa ya? resistor bukan? trus R pake yang berapa ohm?

    BalasHapus

Commentnya Dunk Broo....