JUMLAH PENGUNJUNG SAAT INI

Selasa, 03 Januari 2012

SENSOR UNIT PADA PGM FI


Pada sepeda motor supra 125 injeksi, di throtle body terdapat beberapa sensor, diantaranya
IAT ( intake air temperatur ) sensor, yang berfungsi untuk mengukur suhu udara yang masuk ke throtle body.
MAP (manifold absolute preasure), berfungsi untuk mendeteksi tekanan udara yang masuk ke throtle body
TP (throtle position senson). berfungsi mendeteksi seberapa pembukaan katup gasnya
ketiga sensor ini akan memberi masukan kepada ECU untuk selanjutnya ECU akan menentukan seberapa jumlah bahan bakar yang harus di injeksikan. sehingga nantinya diharapakan mendekati campuran ideal.
Mengapa perlu sensor suhu uadara ? ini diperlukan karena kerapatan udara saat dingin dan saat panas berbeda, sehingga jumlah udara panas dan dingin yang masuk ke ruang bakar akan berbeda. untuk itu ECU perlu mengetahui suhu udara yang masuk, agar nantinya jumlah bensin yang disemprotkan sesuia dengan jumlah udara yang masuk.
Mengapa perlu MAP, jelas disini map mengukur jumlah udara yang masuk berdasarkan tekanan udara. ini type injeksi jenis D-jetronik.
pada saat kita berkendara di jalan menanjak, atau beban berat, kita akan membuka gas agak banyak, otomatis katup gas juga membuka lebih, padahal kita tidak sedang berjalan kencang.
kondisi ini berbeda dengan saat kita berjalan kencang di jalan lurus, tentunya pembukaan gas tidak sebanyak jika kita berjalan lambat dengan beban penuh.
ketiga sensor ini akan memberi masukan kepada ECU tentang kondisi suhu, kondisi beban mesin, untuk selanjutnya ECU akan menentukan seberapa jumlah bahan bakar yang harus di injeksikan. sehingga nantinya diharapakan mendekati campuran ideal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Commentnya Dunk Broo....