JUMLAH PENGUNJUNG SAAT INI

Selasa, 17 Januari 2012

Gejala Aki Tekor Di Yamaha Xeon Antara Kompresi Dan Stasioner


Tak mau stater karena aki tekor
Sembari menunggu pelat nomor kendaraan keluar, Haris Sutrisno memakai Yamaha Xeon buat sekedar keliling komplek. “Tapi, selang dua minggu, motor sulit dihidupkan lewat elektrik starter,” ungkap Haris yang bermukim di Bandengan, Jakarta Barat.

Haris pun punya inisiatif sendiri mengganti aki lama dengan versi baru. Tapi, hanya berselang sekitar dua bulan kemudian, problem yang sama timbul kembali. Starter ngadat dan sulit hidup. “Coba cek aki lewat klakson, tapi kok bunyi kencang. Artinya, aki seperti enggak ada masalah,” jelasnya.

Karena tak ingin direpotkan, akhirnya Haris membawa Xeon ke bengkel resmi yang juga dealer tempat membelinya. “Yang saya tahu, ada penggantian magnet dan kiprok,” ungkap pria yang juga berwirausaha itu.

Setelah penggantian, sebulan kemudian timbul lagi. Komplain, tetap dilakukan. Hingga akhirnya motor dibawa lagi ke bengkel resmi. “Ini kali motor diinapkan lebih lama. Makan waktu sekitar dua mingguan. Tapi, setelah perbaikan terakhir, gejala itu tidak timbul lagi sampai sekarang. Sayangnya, pihak bengkel tidak memberitahu apa saja perbaikan yang dilakukan,” tambahnya.

Rupanya, gejala seperti ini tidak hanya dialami Haris. Ada juga beberapa pemilik Yamaha Xeon generasi awal yang alami kasus serupa. Toh, setidaknya ini seperti keluhan konsumen. Maka itu, MOTOR Plus coba mencari jawabannya.

Menurut M. Abidin, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. “Bisa dilihat juga dari jarak pakai dan ada tidaknya pemanasan. Jadi, tergantung perilaku juga,” ujar pria yang menjabat Manager Technical Service Division PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Artinya, kemungkinan aki tekor bisa terjadi jika proses pengisian tidak berjalan sempurna. Misalnya, motor hanya dipakai dengan jarak di bawah 15 km. Atau, ketika tidak dipakai berjalan, tapi tidak adanya pemanasan. “Xeon memiliki kompresi lebih tinggi. Maka, untuk menghidupkan mesin lewat elektrik starter juga cukup berat,” ungkap Abidin yang ramah.

Selain itu, perlu diperhatikan juga soal stasioner rpm mesin ketika langsam. Saran Abidin, jangan membiarkan rpm mesin dibawah 1.400 rpm. Itu karena pengisian aki di Xeon akan kembali terisi ketika mesin berkitir di atas rpm itu. “Pemanasan cukup 5 menit saja. Jadi, charging dan discharging tercukupi,” katanya lagi.

Tapi ada juga omongan muncul kalau gejala di Xeon ini karena auto cuke. Cuk otomatis terus bekerja meski mesin sudah panas. “Otomatis cuke tidak ada pengaruh. Arusnya kecil kok,” bantah Abidin.

Menurutnya jangan lepas otomatis cuke. Nantinya, campuran akan terlalu kaya. “Usahakan pakai kick starter ketika mesin dingin. Setelah itu baru pakai elektrik starter. Kalau memang ada keluhan, datang ke jaringan resmi Yamaha. Kalau menang masih ada garansi, nanti akan diganti part baru,” ungkap Abidin tanpa menyebutkan part apa yang diganti.  (motorplus-online.com)

1 komentar:

  1. TIPS | CARA MERAWAT AKI SEPEDA MOTOR TIPE MAINTENANCE FREE
    ( AKI KERING )
    Cara Merawat Accu :

    AKI adalah komponen penting yang diperlukan bagi motor. Sebuah motor membutuhkan sumber arus searah dari yang dihasilkan oleh aki. Jika kita melakukan perawatan rutin akan membuat aki motor tetap awet dan terjaga performanya untuk memudahkan pengguna kendaraan menyalakan motor perlu diperhatikan.

    Berikut ini ada 5 Cara merawat aki motor agar tetap awet dan menjaga agar motor aki tersebut lebih tahan lama memudahkan dalam menghidupkan sepeda motor anda.

    Berikut Cara Merawat Accu | Aki | Battery | Baterai TYPE Kering Tetap Awet Pemakaiannya :
    1. Jika motor didiamkan misal dalam seminggu ini akan menyebabkan aki lemah dan pengisian menjadi kurang stabil, maka usahakanlah motor sering digunakan atau paling tidak di hidupkan jika memang tidak dipakai.
    2. Gunakan lebih sering electric starter setiap harinya, kecuali untuk pertama kali memanaskan mesin di pagi hari menggunakan kick starter.
    3. Hindari goncangan fisik yang berlebihan saat berkendara, misal sering melewati jalan yang rusak dalam kecepatan cukup tinggi. Goncangan ini akan menyebabkan sel-sel di dalam aki cepat rusak.
    4. Selalu pantau cap kabel terminal aki agar selalu dalam keadaan tertutup, jangan dibiarkan lembab atau terjadi bunga aki, yang menyebabkan terjadi korslet dan/atau lemahnya hubungan cop kabel dengan terminal-terminal aki.Bersihkan dan pastikan cop kabel dengan terminal aki (positif/negative) terhubung dengan baik.
    5. Saat menstarter jika 1-2 kali tekan mesin tidak mau hidup, jangan biasakan ditekan terus menerus. Usahakan beri jeda 5 detikan untuk memulainya kembali.

    Jika anda melakukan 5 cara diatas dengan benar akan menambah awet aki kering motor anda. Perlu anda ketahui bahwa usia pakai aki kering normalnya bisa bertahan antara 1-1,5 tahun. Dan perlu diperhatikan juga untuk menjaga pengisian | charge | supply listrik accu | aki | battery | baterai dari regulator | alternator berfungsi dengan baik.

    Toko Jual Aki GS Astra dan Yuasa Battery untuk sepeda motor di Jogja – AHASS SETIA KAWAN #pencetlangsungstart 0818.272.580(XL) @bahpetrukmuda

    BalasHapus

Commentnya Dunk Broo....