JUMLAH PENGUNJUNG SAAT INI

Selasa, 17 Januari 2012

Perawatan Rem, Kotor Bikin Cilaka


Buang kotoran dan lumpur yang menumpuk
Saat ini bisa dikatakan hampir seluruh wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Artinya jalanan sering basah dan menimbulkan kotoran seperti lumpur. Membuat biker harus lebih sering bersih-bersih motor.

Kegiatan bersih-bersih ini bukan hanya untuk gaya-gayaan atau fashion. Tapi,  bisa juga untuk menghindari cilaka. Kok bisa?

Iya, ternyata beberapa part di motor jika dibiarkan akan menjadi endapan kotoran dan merusak kerja komponen. Salah satunya pada wilayah per dan setelan kabel rem belakang. Khususnya pada motor yang masih menggunakan rem teromol.

"Sebab jika ada kotoran yang menumpuk lama akan menggangu kerja mekanisnya. Setelah tuas rem ditekan dan kemudian dilepas, rem tetap  mengunci," kata Feriandi, mantan mekanik Kymco yang kini melayani servis untuk semua tipe motor matic.

Masalah  ini sudah ditemuinya pada Suzuki Spin yang roda belakangnya tiba-tiba mengunci dan tidak bisa diputar sama sekali. "Bahkan saat didirikan dengan standar tengah dan ban belakang diputar pakai tangan, tetap mengunci. Tidak berputar," lanjutnya.

Setelah diperiksa ternyata tidak ada yang salah dengan kabel rem. Kabelnya normal, alias tidak putus. Kemudian Fery menemukan titik masalah sebenarnya, rem tidak bisa balik karena tertahan lumpur yang telah membeku dan keras.

"Karena itu bagian ini harus sering dibersihkan supaya kotoran itu tidak lama menempel," tambahnya. Membersihkannya  bisa juga dilakukan sendiri dengan menggunakan sikat.

Ingat, fatal akibatnya kalau dalam perjalanan rem tiba-tiba ngunci seperti itu! Itu akibat kotor.   (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Commentnya Dunk Broo....